Tongkat Nabi Musa (1)

Sebagai seorang ayah saya berusaha untuk membuka serta menutup hari bersama keluarga, seperti dialog yang saya lakukan dengan kedua anak saya ketika menemani mereka tidur berikut ini:

Papa mau berkisah nih, dengerin yah… Kalian tau kan pas Nabi Musa dikejar Fir’aun terus Nabi Musa ketemu laut di depannya, kalo kalian di posisi Nabi Musa, apa yg kalian lakukan? “Berenang Pah” saut anak pertama saya yg berusia 9 tahun. Nah abang pernah liat laut merah di peta kan? “Pernah Pah, deket kok ga sampe sejengkal” Aslinya itu jauh bang, kalo berenang bisa kecapean terus kelelep, mati deh, apalagi Nabi Musa pas mau nyebrang ga sendirian, tau kan sama siapa? “Bani Israil” saut anak kedua saya yg berusia 5 tahun, bener dek.

Nah adek kalo ikut rombongan Nabi Musa gmn tuh? dibelakang adek ada rombongan Fir’aun yg sudah siap dengan senjata lengkap untuk membunuh musuhnya. “anak saya keduanya terdiam sambil terlihat mikir” Nah saat itu Bani Israil pun putus asa, namun Nabi Musa sebagai pemimpin tetap yakin, ga boleh putus asa, nah kalian kalo jadi pemimpin harus yakin yah… Nabi Musa yakin dengan Allah, bahwa Allah akan menolongnya, kemudian gak lama kemudian Nabi Musa diperintah untuk meletakkan tongkatnya, Laut pun terbelah…

“Wah abang mau tongkat kayak gitu pah” Nah berarti abang kurang fokus nih, abang tau kan tongkat apaan yang dipakai? “Tongkat buat gembala pah” saut adek, Iya betul, kalo tongkat buat gembala kira-kira ada ukirannya atau terbuat dari emas ga? “ga, kayak tongkat Ust Anton yg ada lakbannya gtu ya pah?” itu dia, tongkatnya bentuk biasa bang, jadi bukan karena tongkatnya yg hebat, tapi karena Allah yg membuat Nabi Musa jadi hebat, tau kan kenapa Allah menolong Nabi Musa gara-gara apa? …… terdiam, Gara-gara Nabi Musa itu soleh, patuh sama Allah, makanya kalian harus patuh sm Allah biar nanti ditolong jg.

Papah lg ngebayangin kl tongkatnya yg hebat, kl Nabi Musa ketemu laut bisa asal-asalan belah dong, ketemu laut belah, ketemu lagi belah… Jadi hikmahnya dari tongkat Nabi Musa itu bukannya tongkatnya hebat yah, tp karena Allah menolong Nabi Musa karena ketaatannya kepada Allah, jadi abang jangan salah fokus lagi, soalnya banyak orang diluar sana salah fokus juga, oiya abang tau kan dulu eyang punya keris dari mbahnya eyang, katanya mbahnya eyang bisa nyembuhin penyakit, dibilang orang sakti, padahal bukan karena kerisnya, tapi mbahnya eyang itu solatnya rajin, suka membantu orang lain, ngajinya pinter, jadi Allah menolong mbahnya eyang buat nyembuhin orang, bukan gara-gara kerisnya. Kalo kita mikir kerisnya yg hebat atau sakti nanti malahan jadi dosa besar, dosa syirik namanya…

Saya ga sadar keasikan cerita, pas nengok kedua anak saya sudah tidur pulas, sebelum saya berkisah biasanya memang saya suruh membaca doa tidur, seringkali kisahnya belum selesai, mereka berdua sudah pulas 🙂

Leave a comment