Home

Logo ini memang sudah lama diluncurkan oleh panitia, dan sudah menjadi perbincangan di berbagai media, khususnya ketika Iran memprotes keras karena logo ini bersifat rasis, jika kita memperhatikan logo ini lebih detil, maka akan terbaca “zion” dan kata tersebut mengarah kepada Yerussalem.

Namun saya tidak ingin membicarakan hal tersebut, yg menggelitik bagi saya adalah tulisan di http://dgi-indonesia.com/yes-make-it-ugly-please mengenai kejujuran. Penulis Henricus Kusbiantoro berhasil menyentil saya mengenai arti kejujuran dalam dunia desain komunikasi visual. Jika dikaitkan dengan pembuatan logo olimpiade 2012, ini adalah tentang keindahan yang menjadi semakin subjektif, dan lebih jujur (menurut saya). Kemudian teringat lagi kata-kata dari Surayah (panggilan manja Kang Pidi Baiq :D), dimana beliau berbicara kepada saya langsung, bahwa dalam berkarya lebih baik tanggalkan semua topeng, berkaryalah dengan jujur, bukan berkarya karena ingin dipuji bagus, atau karena iming-iming materi belaka, berkaryalah karena kamu menikmatinya (kurang lebihnya begitu)

Di logo olimpiade 2012, London berhasil menciptakan sebuah karya yang keluar dari batas-batas keteraturan, menentang prinsip-prinsip ilmu dalam pembuatan logo secara akademisi maupun di dunia kerja (lebih banyak campur tangan klien). Jika napak tilas sejenak mengenai bentuk logo olimpiade sebelumnya, logo 2012 ini bisa dikatakan paling berbeda, bahkan bisa dibilang paling berantakan. Namun logo ini berhasil diterima masyarakat, walaupun timbul kontroversi, hmm… tapi jujur saya secara pribadi suka dengan logo ini.

Yang bisa saya petik dari logo olimpiade ini adalah London berhasil jujur dengan karyanya, dimana logo ini merupakan gambaran dari semangat muda-mudi di London yang destruktif, London berhasil berbeda, dan pastinya kontroversial, mereka berhasil dengan hal tersebut. Bagaimana dengan saya, kamu, kalian? apakah siap menjadi jujur? jujur jika sedang malas, jujur jika kesiangan, jujur jika berkarya hanya karena materi,  jujur jika belum menjadi orang baik.

CM

#sedang mencoba menghargai orang lain karena kejujurannya, bukan sekedar hasil yang dimilikinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s