Home

Masih banyak beberapa perusahaan yang membuat company profilenya hanya sekedar ada, padahal perkembangan zaman saat ini menuntut persaingan yang sangat ketat. Agar mampu membuat company/institusi kita lebih unggul dibandingkan kompetitor lain, tentu membutuhkan kelebihan dan keunikan tersendiri. Salah satunya adalah dalam hal “pengemasan”, kata ini erat hubungannya dengan kreativitas.

Jika berbicara kreativitas, salah satu hambatannya adalah kita sering terjebak dengan deskripsi. Jika kita mendengar kata bangku, apakah deskripsinya sebuah alat berkaki empat, terbuat dari kayu/besi, dan dipergunakan untuk diduduki. Lalu apakah bomgkahan kayu di pinggir jalan bisa disebut bangku? atau batu kali yg terdapat di dekat air terjun bisa disebut bangku? Keterkaitan bahasan ini dengan company profile adalah saat ini beberapa company profile tidak sekedar lembaran kertas yang dijilid spiral, dan hanya berfungsi sebagai media informasi mengenai keterangan perusahaan. Namun perkembangan yang terjadi saat ini beberapa fungsi media digabungkan, misalkan seperti yang saya tampilkan disini. Company profile berbentuk map folder, berbentuk brosur, leaflet, dll…

Selain mempunyai fungsi lebih ekonomis, dan kreatif, bentuk company profile ini bisa dikatakan lebih efesien, karena dalam hal distribusi, pembuatan, dan content, bisa digabungkan sekaligus. Ketika pihak audience menerima brosur, atau map folder yang berisi proposal, atau MoU, secara tidak langsung informasi tentang perusahaannya terlihat disana. Jika membutuhkan informasi perusahaan/institusi yang lebih detil audience bisa melihatnya di website atau cd interaktif yang terlampir di media tersebut.

Kreatifitas milik semua orang, tidak hanya sebagian profesi saja, asalkan kita tidak selalu terjebak dengan deskripsi. Ada kalanya deskripsi itu sangat membantu, dan disisi lain malah mengekang kreativitas. Semoga kedepan semakin banyak company profile yang kreatif, dan mempu bersaing dengan sehat.

Sorry n thnks

CM

2 thoughts on “Membuat company profile yang efesien dan kreatif

    • terimakasih pak budi… hahaha, formil bgt yah bud😛. yang susah itu, udah murah, kreatif, dan cepet kelar bud😀. sukses selalu bud, kl udah buka cabang di seluruh indonesia, pasti butuh compro yg kreatif kan…🙂, ditunggu deh🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s