Home

Buku ini sudah beberapa bulan yg lalu gw beli, ketika mendapatkan sedikit rejeki, memang gw selalu mengalokasikan untuk membeli minimal  1 buah buku, dan saat itu yg terpikirkan adalah buku yang berhubungan dengan dunia enterpreneur dan religi, dan sifatnya mampu diimplementasikan secara langsung. Yang muncul dipikiran gw yaitu mengikuti cara berbisnis Rasul, karena di usia muda beliau sudah memulai menjadi enterpreneur. Akhirnya di toko buku gramedia gw mengitari buku-buku yang berhubungan dengan bisnis rasul, disana gw merasa bingung, mana yg menurut gw sesuai dengan bisnis yg gw jalanin yah, hmm… akhirnya piihan jatuh ke jejak bisnis rasul penerbit mizan karangan Muhammad Sulaiman, Ph.D dan Aizuddinur Zakaria. Pertimbangannya karena penerbit, jumlah halaman, cover, dan review singkat di halaman cover belakang, tapi kurang mempertimbangkan pengarangnya, maupun best seller atau tidak.

Di halaman cover belakang buku ini diterangkan bahwa buku ini membahas mengenai:
– Re-branding: Mengubah Yatsrib menjadi Madinah
– Pemasaran holistik: Strategi Rasulullah membagi  pasukan dalam peristiwa Fathu Makkah
– Visioner: Rasulullah menyetujui perjanjian Hudaibiyah

Buku ini sebenarnya sangat menarik, namun sayang segmentasi penerima buku ini kurang spesifik, seperti apakah buku ini untuk pemula, atau yg sudah berpengalaman, atau untuk profesional yang ingin terjun ke dunia enterpreneur. Karena bahasan di dalamnya begitu beragam, sahingga gw pun membacanya terpaksa harus secara acak, ada yg gw belum mengerti dan begitupun sebaliknya.  Pembagian buku ini antara lain:
Bagian 1: Semuanya berawal dari sini
Bagian 2: Manajemen ala Rasullulah, disini dijabarkan bagaimana cara mengelola hutang, waktu resiko, kesehatan, rapat, dll…
Bagian 3: Public Relations ala Rasulullah
Bagian 4: Strategi marketing ala Rasulullah, disini dijabarkan melalui konsep pemasaran, segmentasi pasar, differensiasi menurut islam, perang penjualan, strategi perang, hingga pasar global
Bagian 5: Berkompetisi ala Rasulullah
Bagian 6: Branding berdasarkan sunah
Bagian 7: Pengelolaan SDM ala Rasulullah
Bagian 8: Rekan Bisnis pilihan Rasulullah
Bagian 9: (CSR Corporate Social Responsible)
dan di bagian akhir ada konsep bisnis dalam islam, yg berisi istilah-istilah yg digunakan.

Jika ditanya: chan, buku ini bagus ga?
Bagus sih, karena banyak informasi yang gw dapat disini, seperti Al Quran dan Hadist yang melatar belakanginya, dan hadistnya pun Bukhari dan Muslim, jadi tidak perlu diragukan lagi shahih tidaknya. Selain itu buku ini pun menggambarkan teori-teori yang berhubungan dengan bisnis, seperti marketing, manajemen, pengelolaan SDM, kompetisi, branding, dll. Jadi buku ini berisi banyak content yg penting, namun tetep menurut gw buku ini alur membacanya masih kurang enak, seperti buku yang diperuntukkan untuk akademisi, kl dalam film mungkin buku ini berisi lebih banyak klimaks dibandingkan anti klimaks atau openingnya.

Buku ini kurang bercerita, dimana keterlibatan subjektif penulisnya kurang, karena harapan gw diawal adalah penulis buku ini mampu lebih banyak bercerita mengenai pengalamannya, jadi antara teori bisnis, teori agama, dan pengalaman memiliki porsi yg sesuai, sehingga pembaca merasa terlibat di dalam isi buku ini. gw sih ga nyesel beli buku ini, karena untuk sebuah koleksi, buku ini bagus kok, jika gw sedang membutuhkan dalil mengenai hal-hal yg berhubungan dengan bisnis, gw tinggal melihat rak buku gw deh.

Tapi buku ini kurang nyaman untuk dibawa jalan, misal untuk dibaca di kendaraan umum, atau ketika menunggu rapat/sesorang, karena seperti yg gw udah jabarin diatas, memang bukan novel sih, tapi terus terang gw lebih suka membaca buku yang unsur subjektivitas penulisnya terasa.

CH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s