Home

Beberapa bulan lalu gw mendapat info dari salah satu rekan (pdhl bukan desainer, tp praktisi green) katanya bagus loh buku ini, hmm.. sebelumnya pernah liat sih di web dgi, tapi pas liat masih bahasa inggris dan dapetinnya gatau dmn masih rada males, eh pas tau udah terjemahan bahasa indonesia, dan bisa di beli di toko aikon (kemang selatan) langsung deh meluncur ke sana.

Spesifikasi bahan yang digunakan di buku ini pun sudah menarik, yaitu menggunakan kertas leces (daur ulang 100%, dan produk lokal) walaupun sayang tidak dijual per lembar, melainkan gulungan.

Serunya buku ini tidak berbicara mengenai teknis desain, atau sekedar tampilan desain yang bagus seperti apa, melainkan mempengaruhi pola pikir, bahkan tindakan desainer dalam berkarya. Buku ini menyentuh ideologi mendasar seorang desainer, apakah mereka good desainer and good people, or hanya salah satunya saja.

Di buku ini membahas mengenai karya desain yang mengeksploitasi dunia wanita, dan beberapa desain yg tidak jujur dalam menyampaikan pesannya, sehingga penerima pesan bukannya ter-edukasi, melainkan pembodohan yang terjadi, dan hal tersebut hanya untuk kepentingan profit semata, perlu diingat bahwa peran desainer disana sangatlah nyata. Selain itu David B. Berman menjabarkan begitu antipatinya dia dalam menilai iklan rokok, biarpun iklan rokok memiliki kreativitas yang tinggi, namun secara produk David melihat tidak ada nilai positifnya.

Di buku ini pun tidak ketinggalan kritik mengenai perusakan lingkungan, dimana banyak sekali desain yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan membuat masyarakat menjadi lebih konsumtif, dan ini mengakibatkan langit kotor, kutub mencair, laut marah, dan bumi hancur. Ada beberapa quots di buku ini yang sangat menarik, seperti salah satunya,

Desainer membuat sampah paling indah di bumi

Scott Ewen, Emigre

David mengajak para desainer untuk berjanji berbuat kebaikan, dengan cara: SEGERA (waktu untuk bertindak adalah sekarang), 1. ETIKA (saya akan jujur dalam bekerja), 2. PRINSIP (saya akan jujur pada diri sendiri), 3. USAHA (saya akan menyediakan paling tidak 10% dari waktu kerja saya untuk memperbaiki dunia).

Gw sebagai enterpreneur yang berhubungan dengan desain, merasakan buku ini sangat bermanfaat, gw memiliki kapasitas untuk melakukan perubahan yang bersifat kolektif, dimana perubahannya dapat terjadi pada seluruh personil gw, misal dengan lebih selektif mencari klien, dan mampu memberikan solusi bagi klien gw agar lebih jujur, dan tentunya tidak melanggar janji yang telah disebutkan oleh David di bukunya.

salam good design and good people

CH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s