Home

Alhamdulillah gw mendapatkan kesempatan juga untuk mendesain salah satu publikasi YISC, yaitu OPUS=obrolan puasa, sebuah acara yang diselenggarakan oleh YISC di Pasaraya Blok M, Jakarta Selatan. Acara ini merupakan bagian dari program CRCM=Cahaya Ramadhan Cahaya Masjid, di dalam CRCM ini ada serangkaian kegiatan yang menarik, kegiatan ini sudah tersusun rapih dari hari pertama puasa hingga hari terakhir.

Di sini saya tidak ingin membandingkan dari satu sisi saja, bukan hanya persoalan desain saja, melainkan pengorbanan, keseriusan, dan hal yang kongkret. Jika melihat flyer yang telah dibuat sebelumnya memang hanya menggunakan aplikasi power point, namun yang menarik disini adalah panitia yang terlibat di dalamnya tidak berpikir perencanaan melulu, mereka mampu membuat program yang tersusun di dalam timetable menjadi acara yang kongkret, dan dengan segala keterbatasannya mereka mampu membuat acara tersebut berjalan, hebatnya lagi acara tersebut bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya.

Mungkin masih banyak hasil karya desainer-desainer hebat, yang dari segi karya mereka mampu membuat masyarakat tercengang, bahkan rekan seprofesinya pun memberikan pujian, namun sayangnya terkadang karya tersebut sebagian tidak dipublish, dan giliran dipublish, acara tersebut lebih banyak modorotnya dibandingkan manfaatnya.

Sebelum saya mendesain flyer ini, saya sempat melakukan riset kecil-kecilan, yang hanya mengandalkan komputer dan jaringan internet yang ada, saya sempat meng-googling kata-kata seperti flyer islam, publikasi islam, brosur islam, dan saya melihat sebagian besar publikasi tersebut tidak jauh dari media yang dibuat oleh, maaf, institusi pemerintah, dimana dalam 1 lembar, informasi yang tertera begitu banyak, belum lagi penggunaan background yang terlalu mencolok dengan warna-warna yang menurut saya kurang nyaman di penglihatan saya.

Memang tidak semua, ada beberapa media publikasi dari bank islam di indonesia yang desainnya sudah lumayan memperhatikan kaidah-kaidah desain komunikasi visual. Jika saya tarik benang merah (memang saya terlalu cepat menyimpulkan) dari page1 hingga page 13 di google, hampir sebagian besar publikasi yang berhubungan dengan islam tidak terlalu terasa nuansa islamnya. Di flyer yang saya buat ini, saya berusaha agar suasana islam terasa, dan hal tersebut saya lakukan dengan penggunaan stilasi kubah masjid dan jenis font arab. Sehingga audience yang melihat memiliki kesan pertama “ow ini info tentang islam toh”

Saya pun sadar bahwa desain yang saya buat ini masih jauh dari maksimal, saya pribadi belum menemukan hal yang menjadi stopping power kuat, sebuah hal kreatif yang mampu membuat media ini menjadi dibicarakan baik dikalangan para pemuda muslim dan juga para desainer grafis, sehingga fungsinya menjadi maksimal, karena menurut saya desain komunikasi visual itu tidak hanya terletak di eksekusi, melainkan strategi dan integrasi dengan bidang lain, seperti komunikasi dan humas. jika kesemuanya mampu menemukan ide dasar yang hebat/kreatif, sesederhana apapun medianya, tetap akan terasa lebih menarik.

salam keterbatasan

CH

Leave a Reply

