Home

Tanggal  28 Juli 2010, yaitu hari Rabu, divisi marketing HOPEPLUS (www.hope-plus.com), beserta BOD PT. CCK melakukan rapat istimewa, terkait dengan permasalahan yang terjadi di dalam internal perusahaan, dalam rapat tersebut gw mengajukan diri untuk menjadi pimpinan marketing, dan menjabarkan program dan konsep seperti apa yang akan gw jalankan. Rapat diawali tentu dengan pembukaan, kemudian masing-masing personil menjabarkan permasalahan yg mereka alami. Sebelum mereka bercerita mengenai permasalahannya, tentu gw sudah mencoba menganalisa dan mengamati tindakan mereka sehari-harinya, dan ketika mereka telah menjabarkan masalahnya, gw berusaha memberikan solusi dan dikaitkan dengan konsep marketing yang gw tawarkan.

Konsep detil dari marketing HOPE, tentu tidak mungkin gw jabarkan disini, karena selain terlalu panjang, hal tersebut merupakan bumbu dapur kita dalam melakukan bisnis ini🙂. Yang pasti konsep tersebut sangat berhubungan dengan nama brand “HOPEPLUS” dan juga visi misi yg dimilikinya. Setelah konsep tersebut gw presentasikan di hadapan tim marketing, pekerjaan gw yg lumayan berat yaitu: menentukan 3 point penting yang harus gw sosialisasikan kepada seluruh personil, antara lain:

– Kriteria keberhasilan dan kegagalannya apa?
– Apa yg boleh dan tidak boleh dilakukan?
– Tanggung jawab secara kualitatif dan kuantitatif apa ajah?

dari 3 point tersebut, gw harus membaginya lagi antara personal dan tim, dan menyusun SOP yg akan diberlakukan di awal Agustus nanti. Untuk tim, gw bertanggung jawab secara penuh, dan perlu ekstra hati-hati dalam memberikan suatu kebijakan, segala macam keputusan yg gw buat harus mengatasnamakan kepentingan perusahaan. Kemudian dari 5 orang personil yang ada di divisi marketing (termasuk gw) memiliki karakter dan cara masing2 dalam mencari maupun menjaga hubungan baik dengan kliennya, dan disini gw tidak bisa membuat mereka menjadi sama dalam melakukan approachment terhadap klien/calon klien, bagi gw mereka bukan robot, dan mereka masing-masing memiliki kelebihan dalam berkomunikasi.

Yang akan menjadi perhatian lebih buat gw yaitu mereka akan tetap mempertahankan personal brandingnya di mata masyarakat, bahkan gw akan membantu membangun personal brandingnya agar lebih bersinar. Tetapi yang perlu digarisbawahi disini yaitu jangan sampai ada sebuah statement dari gw yang akan menjadi boomerang, yaitu pertanyaan: “kl mas membantu saya dalam hal personal branding, bagaimana cara mas mengembangkan personal branding mas sendiri?” Pertanyaan tersebut tentu tidak hanya butuh jawaban yg keluar dari mulut, tapi memerlukan tindakan/perbuatan yg kongkret dan konsisten, dan langkah2 yg gw lakukan harus mempunyai tolak ukur keberhasilan di mata mereka, maupun gw pribadi.

kl mas membantu saya dalam hal personal branding, bagaimana cara mas mengembangkan personal branding mas sendiri?

Jika akhir bulan ini usulan gw disetujui, tentu gw akan melakukan pekerjaan yg lebih berat, baik dari segi tanggung jawab, maupun pikiran, dan tindakan. Hampir 5 bulan gw bertanggung jawab dengan tim undanganpro, dan 3 bulan pertama gw banyak belajar dr kegagalan, kemudian ketika gw semakin yakin dengan tim gw, baru perkembangan undanganpro terlihat. Saat ini gw gamau membayar 3 bulan diawal dengan kegagalan lagi, gw harus yakin dengan rekan2 gw di marketing hopeplus, gw yakin mereka punya kapasitas yang cukup, dan gw yakin mereka punya spirit yg membara, dan gw yakin mereka akan solid secara tim. Gw pun yakin jika konsep dan program marketing gw terlaksana dengan baik, hopeplus akan berjalan sesuai dengan visi misi yg telah ditetapkan ketika dahulu didirikan. Amin

salam personal branding,

CH

Leave a Reply

