Home

Dulu anggapan sedekah menurut gw adalah mengeluarkan sedikit harta untuk membantu orang lain yg membutuhkan, namun saat ini asumsi tersebut berubah, bukan cuma keadaan yg berperan, melainkan ilmu Ustd Yusuf Mansyur pun terlibat didalamnya🙂.Sedekah bukan dilihat dari harta saja, maupun tenaga, dan pikiran, tetapi lebih luas lagi. Ternyata solat sunah pun sedekah, yaitu menyedekahkan waktu dan perilaku kita untuk Pencipta kita. pertanyaan selanjutnya, apakah Pencipta kita butuh? bukankah sedekah itu untuk yg membutuhkan? hahaha… gw juga bingung. Tapi sepengetahuan gw itu, kita yg butuh, ketika kita memberikan sebagian harta kita kepada anak yatim, ternyata kita membutuhkan doa mereka. Ketika kita memberikan ilmu kita kepada junior kita, ternyata kita butuh mengasah memori kita, dan kita butuh kritik dari mereka agar yg kita anggap benar semakin benar.

Ada kalimat yg menarik dari Usd. Yusuf Mansyur, yaitu ketika orang datang ke dia dan mengharapkan bantuan dana, namun yg diberikan hanya doa, dan kata2 bijak, ternyata orang tersebut malah mengeluh, “yg gw btuh duit kok dikasi yg laen” menurutnya yg di pikiran orang tersebut hanya uang dan ia memagari solusi lain, sehingga hanya ada satu solusi yaitu uang. Padahal kata2 bijak dan doa ga kalah penting. Bisa saja berkat kata2 dan doa tersebut yg mengantarkan ia mendapatkan uang. Hal tersebut mengingatkan gw tentang keadaan saat ini, gw sering berpikir, kok tiap bulan berapapun penghasilan gw ga pernah bisa gw nikmati dengan normal yah, bahkan buat kebutuhan primer pun kurang. Giliran lebih ada faktor X, giliran kurang tetep aja ada faktor X. faktor X menjadi teman setia gw dalam hidup😀.

Bekerja sudah, bahkan memberi lapangan pekerjaan pun sudah, order ada, bahkan program CSR pun gw punya, tp kok begini yah? hahahaha… aneh, padahal pekerjaan yg gw pilih ini adalah pekerjaan yg paling gw sukai, pekerjaan yg menjadi mimpi gw. Ketika penghasilan dan banda gw berlebih, gw kurang menikmati pekerjaan gw, tapi giliran menikmati, eh kurang penghasilannya… dipikir2 terus, di analisa pk 5W+1h, SWOT, berbagai quots/kata2 motivasi hingga mutiara, berbagai macam referensi film dan buku, ampe teori keb Maslow, dan ilmu dasar marketing mixs 4P ga berhasil loh… Bingung gw, terus terang!

Di usia 26 ini akhirnya gw dikondisikan untuk berpikir secara vertikal. Kalo pk ceritanya Steve Jobs di pidato dia, ada judul “menghubungkan titik-titik” nah itu yg gw dapatkan solusinya sekarang. Sewaktu gw mencari ruko di daerah Jak Sel, beberapa tempat gw lalui, bahkan sudah memberi depe, namun kenyataannya belum berhasil ditempati, depenya malah hangus😀. Dan saat ini ruko yg gw kontrakin ada di depan sebuah Masjid besar. Kemudian ketika gw mencari referensi tentang seorang desainer dan juga pengusaha, yg tentu latar belakangnya tidak beda jauh dengan gw, dan gw berhasil menemukannya, blognya pun langsung gw bookmark, jika gw bingung, gw selalu membuka blognya, dan inspirasi yg gw dapat selalu diarahkan kepada-Nya.

Dan dari dia, akhirnya gw menemukan ceramah2 Ust. Yusuf Mansyur yg berisi sedekah. Saat ini gw baru sadar, tapi blum banyak berbuat😀. sedekah untuk siapa, menurut gw yg kurang yaitu sedekah kepada-Nya. Karena dari perjalan hidup gw saat ini, sedekah antar manusia sudah dilakukan, walaupun kadarnya belum ekstrim🙂. tapi dari berbagai bentuk sudah gw coba, dari materi, ilmu, tenaga, dll. Nah kepada-Nya aja nih yg blon fokus. Mungkin itu aja sharing yg gw lakukan malam ini. Waktu pun bisa kita sedekahkan, dan kita perlu intepretasikan kembali “yg membutuhkan”. Mari kita bersedekah kepada Pencipta kita dengan waktu kita yg super duper padat dengan solat sunah, maka Dia akan mengurangi bahkan menghilangkan faktor2 X dalam hidup kita. Menurut gw sih manajemen sedekah yg gw alami seperti itu. Terima kasih…..

*dia/inspirator: Arief Budiman

*Dia/Maha inspirator: Allah SWT

Leave a Reply

