Home

Saat ini sedang mencari-cari dan menganalisa, permasalahan apa yg paling sering terjadi dan sangat berpengaruh di tahun 2009. Semoga di tahun depan masalah tersebut bisa terselesaikan. Namun setelah dipikir lagi, yang lebih penting yaitu apa tujuan yg ingin gw capai di tahun 2010?

Seperti membetulkan mobil yg ingin berjalan jauh dan penuh rintangan, tp tanpa tujuan kan percuma juga, nentuin tujuan dulu baru deh persiapin apa ajah yg dibutuhkan dalam perjalanan, termasuk betulin mobilnya. Tujuan tahun lalu sepertinya telah tercapai, walaupun mm… dampak dari pencapaian tersebut tidak begitu signifikan gw rasakan, dlu gw beranggapan bekerja tanpa ada suruhan, tanpa harus ada pembelian waktu, bekerja sesuai dengan mood adalah sesuatu yg sangat menyenangkan dan hidup akan lebih santai. Ternyata setelah gw dapatkan semua itu, gw jd berpikir kembali, bahwa yg gw inginkan tahun kemarin bukanlah tujuan, melainkan proses. dan proses tersebut bukanlah yg ideal, bahkan terlalu egois.

Belajar dari pengalaman di 2009, yaitu berbagai materi yang gw miliki, dari mulai ponsel, dompet hingga isinya ludes. Semua kembali padaNYA, kalimat itu yang paling sering terbesit di tahun 2009. lalu apa yang tidak kembali? yang gw tau sih ada 3 hal, dari mulai anak yg shaleh, ilmu yang bermanfaat, dan harta yang diamalkan. Lalu apakah gw sudah melakukan semua itu? Tapi di sisi yang lain gw pengen mengembangkan perusahaan yang telah gw dirikan bersama teman-teman, apakah mengembangkan perusahaan merupakan kepentingan dunia semata? mungkinkah gw memiliki perusahaan yang mampu mengakomodir keperluan akhirat juga seperti perusahaan yang rajin beramal dan rajin membagikan ilmunya kepada yg membutuhkan, belum lagi perusahaan yang mampu menyadarkan seluruh pekerjanya bahwa mereka harus berbakti kepada orang tuanya tanpa melupakan fixs cost dan juga omset yang harus diperoleh setiap bulan dan setiap tahunnya?

mm… (diam sesaat sambil berpikir), untuk memberikan ilmu dan harta, perusahaan bisa melakukan kegiatan CSR (Corporate Sosia Responsible), baik untuk warga sekitar ataupun untuk kebutuhan religius, seperti program untuk masjid. Untuk pengembangan SDM yang tentu saja dapat membuat seluruh pekerja meningkat keimanannya, perusahaan dapat memberikan semacam diskusi dengan pakar agama atau psikologi, yang mampu menjawab segala persoalan yang dialamai para pekerja, atau melakukan morning break (seperti yang dilakukan pak Singgih). Untuk melakukan semua itu ga harus menunggu perusahaan besar kan? tinggal memasukkannya ke fixs cost (dengan kompromi dengan bagian keuangan tentunya).

Kembali lagi ke tujuan gw pribadi dan perusahaan gw, untuk 2010 gw mau segala kebutuhan religius gw terpenuhi, jika ada pertanyaan, bagaimana ketika membangun perusahaan ini kemudian ada pertanyaan, siapkah kamu jika tiba-tiba Allah memanggil gw? gw berusaha untuk menjawab siap, dengan segala perbuatan yg telah gw lakukan. selain itu gw ingin 2010 program CSR terlaksana (apapun keadaannya) dan tidak hanya sebatas planning, melainkan harus berhasil dieksekusi. Gw ingin menjadi young enterpreuneur yang paling bermanfaat bagi masyarakat, tentu tidak hanya diakui dalam sebuah award melainkan yg terpenting Ridho Allah, dan testimoni dari masyarakatnya langsung. Masih banyak perbuatan yang harus gw lakukan untuk menjadi seperti yang telah gw tulis barusan.

Jika gw menuliskan dengan kata-kata yang bisa menginspirasi gw dan tim kreatif/operasional disini yaitu:

“Everyday is Fun and Inspiring Our Audience!”

okeh, sekian intropeksi gw dan rencana gw ke depan, khususnya untuk 2010, gw akan memulainya sekarang, tidak ada kata adaptasi atau transisi di 2010, kan gw udah melakukannya sekarang, jadi di 2010 tinggal laksanakan….

thanksb4….

Leave a Reply

