Home

“Emang marketing dengan Account Executive apa bedanya sih? soalnya di tempat gw adanya AE tuh, gada marketingnya!” pertanyaan ini sering gw denger dari berbagai teman yang telah bekerja di sebuah agency, baik yg besar maupun kecil. Terus terang gw pun pernah melontarkan pertanyaan ini ke salah satu rekan gw, dan ia menjawab, “setau gw sih kl marketing itu bertanggung jawab mencari klien baru, sedangkan AE job desk nya hanya mempertahankan klien yg sudah ada, emang sih dua-duanya rada rancu, tapi kebanyakan sistem gaji antara marketing dan AE beda, kl marketing ada yg ga digaji, tp dapet keuntungan dari project baru yg masuk, sedangkan AE dpt gaji perbulan, dan mereka msh bisa dapet bonus tergantung dari kinerjanya menjaga klien.”

“Ah sama aja itu mah, sama-sama berurusan dengan klien!” nah ada yg bilang gtu juga, kata rekan gw yg ini, itu cuma masalah bahasa ajah, wah dr berbagai opini yg gw dapet malah makin bingung deh, mana yg bener yah?  gw berusaha membedah sendiri, berdasarkan kata dasarnya, marketing yaitu market, market itu pasar, pasar itu tempat bertemunya penjual dan pembeli, dan terjadi negosiasi. Saat ini marketing semakin berkembang pesat, dan spesifikasinya semakin beragam, dari mulai direct marketing, online marketing, tele marketing, dll. bahkan ketika gw browsing di internet, banyak orang yang mempertanyakan perbedaan antara marketing, advertising, PR, dan branding. Menurut gw pribadi sih ad, PR, branding itu bagian dari marketing, ad dan PR itu cara, dan branding itu dampak.

Tapi kenapa kuliah itu ada jurusan yang gw sebutin diatas yah? terkesan masing-masing tersebut merupakan dunia yang berbeda, jd bingung lg, hehe…. mulai keluar opini lg deh, jurusan marketing itu mempelajari marketing secara makro, sedang jurusan yang lain secara spesifik, dimana masing-masing memiliki kelebihan, antara ilmu terapan, dan ilmu perencanaan.

Lalu apa hubungannya dengan usaha desain grafis?
Usaha di bidang jasa ini bisa dibilang merupakan usaha yang bersinggungan erat dengan kreatifitas, dan komunikasi, khususnya yang dapat dilihat langsung oleh mata. Seorang marketing harus mengerti benar mengenai produk yang dijual, tapi yang lebih penting lagi cara menjual produk/jasa tersebut, yups… berhasil menjual setelah mengetahui apa, untuk siapa, kapan, dimana, dan bagaimana menjualnya, dan yang tak kalah penting mampu mengimplementasikannya, not just talking, and teory, but must do it!

dari penjabaran diatas, gw bisa menyimpulkan bahwa fungsi marketing dimana pun, baik barang ataupun jasa, seperti usaha desain grafis adalah meningkatkan pendapatan setinggi dan secepat mungkin, yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan. yups… itu yang utama!

Leave a Reply

