Home

Wow…. gw terus terang bingung mau nulis apa, ini ketiga kalinya gw menekan ctrl+a kemudian tombol delete. Bingung mau mulai darimana, tema apa yang di bahas, secara hampir setahun kegiatan tulis menulis gw terlupakan, alasannya simpel, gara-gara gada internet di tempat gw tinggal. Bisa dibilang gw manja banget yah, gw gabisa melawan keterbatasan yang terjadi dalam hidup gw, fiuhhh…. Ini aja gw mulei nulis gara-gara internet datang lagi di kehidupan gw, gw ga harus usaha pergi ke warnet or nyari hotspot.

Inti dari tulisan ini, gw cuma mau ngejabarin pentingnya nulis bwt gw sendiri, mudah2an buat yg ngebaca tulisan ini bs bermanfaat, cause kl gw udah menganggap hal yang gw lakuin itu penting, gw bakal berusaha keras untuk ngelawan keterbatasan yang gw punya, beberapa bulan belakangan ini, jujur gw ga nganggap nulis itu penting lagi, malah bisa dibilang gw remehkan, hanya membuang-buang waktu “curhat” dengan komputer, trus mikir… siapa yang bakal baca tulisan gw, percuma deh pokoknya.

Hari ini, adalah hari yang sangat beruntung buat gw, karena secara spontan dan tanpa direncanakan, gw langsung duduk di depan komputer dan lngsung menekan keyboard yang ada di meja kerja gw, otak gw dipaksa berpikir, “apa pentingnya nulis bwt gw?” Sebuah komunikasi internal antara gw dan gw terjadi, dimana hati dan pikiran gw saling bertanya, entah mana murid dan mana gurunya, dan bagi gw itu ga penting, yang penting jawaban yang keluar dari pertanyaan yang muncul tersebut.

Akhirnya jawaban itu didapat, dan langsung ingin gw jabarkan dalam bentuk pointers, agar gw dan orang lain yang baca tulisan ini bisa lebih mudah membaca dan mengartikannya.

– Menulis buat gw sebagai penanda sejarah, bukan seperti sejarah yang diajarkan di sekolah dulu, yang terkesan kaku dan membosankan, melainkan sejarah yang menurut steve jobs, janganlah kamu hanya menjadi korban sejarah dalam mengarungi hidup ini (waktu berlalu begitu saja tanpa ada bukti otentik), melainkan kamu harus bisa menandainya, dan bagi gw ga harus menandakannya dengan cerita/kisah/moment penting dan besar, melainkan lebih ke arah pesan dan cara penyampaiannya, bahkan ada istilah “spoken words has pass away, but written words are there to stay”.

– Menulis itu melatih cara kita berkomunikasi, contohnya ya tulisan ini, kl kalian menilai tulisan ini terlalu berbelit-belit, alurnya kurang enak, bahasanya aneh…. ya wajar, secara hampir setahun gw ga nulis, mudah2an makin hari tulisan yg gw hasilkan makin enak dibaca.

– Menulis itu dapat dijadikan ukuran knowledge kita, makin banyak pengetahuan yang kita tahu, tentu tulisan kita akan semakin berbobot, memiliki pesan yang sangat berarti bagi pembacanya. Makanya gw punya anggapan, bahwa orang yang tulisannya bagus pasti dia memiliki hobi membaca, bukan hanya membaca buku, majalah, koran, ataupun blog, melainkan dia juga suka membaca lingkungan sekitarnya.

– Menulis itu membuat kita peka dengan lingkungan, bahkan mampu membuat kita melihat peluang yang belum tentu terlihat oleh orang lain. Di point ini menulis akan terasa sangat penting, karena tanpa sadar kita akan mendapat manfaat dari kegiatan menulis yang begitu besar, gw bukan mau melebih-lebihkan manfaat dari menulis, tapi coba ajah kalo ga percaya!

– Menulis membuat kita bersyukur dan selalu merasa beruntung. Jika kita menulis setiap hari, tanpa berpikir panjang kita akan menjabarkan apa yang kita lakukan hari ini, dan manfaat apa yang kita dapat hari ini, setelah kata demi kata keluar, wow… ternyata hari ini kita telah mendapatkan banyak pengalaman berharga, bayangkan jika kita menulis seminggu sekali, bisa-bisa kita bisa membuat novel sendiri.

Pikiran gw sudah berkata “cukup chan untuk hari ini!” ya… jujurnya sih, cuma segini pengetahuan gw tentang menulis. tp setidaknya gw lega sudah ingin berbagi dengan kalian (yg membaca tulisan ini). dan beruntungnya mulai hari ini gw berjanji akan membuat kegiatan menulis itu kegiatan yang sangat penting, bahakan A.D Pirous pun membuat buku yang judulnya “Melukis itu Menulis”. Nah terbukti kan kalo menulis itu penting.

Terima kasih,

Salam menulis

CHANDRA-hopeplus

“Lebih dari sekedar harapan!”

Leave a Reply

