Home

By Ivan Misner

Setiap bisnis memang harus ada ahli di bidang networking, namun bagi anda seorang enterpreneur pemula, jika anda belum sanggup meng-hire karyawan yg expert di bidang networking, yg anda butuhkan adalah pola pikir mereka terlebih dahulu

Dalam perusahaan besar ada jabatan yg disebut CNO (Chief Networking Officer), yg memiliki tugas berkampanye dari mulut ke mulut, dan menyusun strateginya agar Word of mouth tersebut semakin berkembang. WOM dalam istilah kita sering disebut getok ular. Di bawah ini yg perlu anda lakukan antara lain:

1. Datang 2-3 x ke sebuah event setiap bulannya, dan menindaklanjuti dengan orang-orang yang anda temui. Keberhasilan bertemu dengan orang baru adalah hal penting untuk anda, namun kegagalan yang sering terjadi adalah dengan tidak menindaklanjutinya. Dalam pertemuan pertama hanyalah sebuah perkenalan anda dalam memperkenalkan bisnis anda, dan langkah kedua adalah mengajak mereka meminum kopi atau sekedar santap siang untuk mempelajari lebih lanjut mengenai bisnis mereka, dan bagaimana anda bisa membantu mereka. Bila anda berhasil melakukannya, maka anda mampu membuka gerbang masa depan untuk bisnis anda.

2. Tetap melakukan kontak dengan klien lama anda, dan berusahalah dengan melalukan dua panggilan pribadi setiap minggu (bisa via chatting atau telp), jika anda berfikir bahwa melakukan dua panggilan dalam seminggu terlalu banyak, anda harus ingat bahwa tugas CNO adalah menjaga hubungan, dan hal itu dapat terjadi jika anda tetap berhubungan secara konsisten.

3. Gunakan kartu pos dan kartu ucapan untuk tetap berhubungan dengan kenalan anda sepanjang tahun. Waktu yang tepat adalah ketika hari libur/besar/perayaan, namun bukan sekedar tahun baru, lebaran, atau natal, melainkan hari kemerdekaan, hari guru, hari ibu, hari bumi, dll. Siapkan kartu ucapan tersebut, lalu kirimkan kepada orang-orang yang pernah berurusan dengan anda, dan anda ingin memperbaiki/menjadi lebih dekat dengan orang tersebut, entah itu vendor, teman dari teman anda, klien anda, atau orang yg beberapa bulan lalu pernah makan siang dengan anda. Ini akan membuat anda menjadi penting di benak mereka.

4. Merawat database anda, seorang CNO harus memapu mengolah database sebaik mungkin, dari mulai data klien hingga penerbangan, hal tersebut penting agar jadwal CNO tetap teratur, database bisa berbentuk bookmark website, atau yang lebih konvensional dengan menyimpan kartunama. Dengan perangkat lunak saaat ini mengelola database jadi lebih mudah, dengan hanya mengklik mouse anda bisa menyortir data anda ke segmen tertentu dengan menggunakan program microsoft outlook. Dengan menggunakan program tersebut, anda bisa melakukan kegiatan marketing anda lebih efesien.

5. Selalu mengucapkan terimakasih kepada mitra anda yg telah mereferensikan anda dan bisnis anda, karena seorang mitra bisnis anda bukan hanya sekali mereferensikan anda, mereka dapat berkali-kali, selama hubungan yang anda buat saling percaya, menguntungkan, dan menghormati. Dengan memaksimalkan tindakan terimakasih ini, seorang CNO mampu mengembangkan bisnisnya hingga berkali lipat, karena referensi dapat berkembang dari teman anda ke temannya yg lain.

Semua bisnis memerlukan CNO, namun jika anda belum sanggup meng-hire 1 orang pun, yang perlu anda lakukan adalah mengambil pola pikirnya.

Hmm… ribet juga yah ngartiin pk google translate, masih banyak bahasa yg belum berhasil ditranslate, apalagi bahasa yg lebih spesifik ke arah bisnis. Dari beberapa kesimpulan diatas sih yg paling berat konsistennya ituh…. apalagi no.1,2, dan 5. oiya mohon maaf jika bahasa diatas makin membingungkan, soalnya ada beberapa yg inisiatip gw edit sendiri, hehe… tp lbh ribet kl langsung dr google translate sih.

 

source: http://www.entrepreneur.com
image dipinjem dari: http://www.squidoo.com, http://vedlo.com, http://thenextwomen.com
dibantu oleh: http://translate.google.co.id
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s